Rabu, 13 Juni 2012

PROGRAM 5 R / 5 S PT AIR MANCUR


MARI JADIKAN RUANG KERJA KITA SEPERTI HOTEL BINTANG LIMA (5R/5S)
       Salam sukses rekan kerja sekalian di rubrik program perusahaan kali ini kita akan mencoba menyampaikan tentang program 5 S/5 R, yup kita akan mencoba menyajikannya dengan renyah dengan harapan mudah diterima oleh seluruh karyawan. Di sudut – sudut lokasi perusahaan kita telah terpasang tulisan Program 5R lengkap dengan sedikit penjelasan, dengan begitu akan mempermudah bagi kita untuk memahami, mengingat dan melaksanakan Program Tersebut.
Hal yang wajar seseorang yang memasuki sebuah ruang kerja yang nyaman, bersih, adem and semuanya tertata rapi tentu perasaan akan sumringah, jiwa akan semangat tentu efek dominonya akan membuat produktifitas kerja meningkat. Sebaliknya jika kita memasuki ruang kerja yang kumuh, lengkap dengan asap rokok memenuhi setiap sudut ruangan, semua dokumen berserakan dan kotor perasaan kita akan ikut lesu sehingga semangat kerja turun dan akhirnya produktifitas turun juga.
Disinilah kita akan  berkenalan dengan konsep 5 S. Apa itu 5 S dan bagaimana cara menerapkannya, kita akan membahasnya kali ini.
     5 S sendiri merupakan singkatan dari bahasa Jepang (sebab konsep ini memang pada awalnya dikembangkan oleh pabrik-pabrik di Jepang seperti Toyota, Canon dan Bridgestone).
     5 S adalah singkatan dari SEIRI, SEITON, SEISO, SEITSUKE dan SHITSUKE. Dalam bahasa Indonesia sering juga diganti menjadi 5R atau singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Mari segera kita ulik satu persatu. 
SEIRI = Pemilahan (atau Ringkas). Elemen yang pertama ini tak lain merupakan kegiatan memilah semua barang yang benar-benar diperlukan dan kemudian menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja.
Sekarang coba segera tengok meja disekeliling Anda. Apakah disekitar meja Anda terdapat tumpukan dokumen usang yang sudah berbulan-bulan tidak pernah disentuh dan nyangkruk memenuhi ruangan, meja dan lemari kerja disekitar Anda.
Setiap bulan atau bahkan setiap minggu, Anda dan rekan kerja Anda mestinya melakukan proses pemilahan : untuk segera menyingkirkan dan membuang tumpukan kertas atau peralatan/spare parts bekas yang tidak lagi dibutuhkan.
SEITON = Penataan (atau Rapi). Elemen yang kedua adalah kegiatan menata tataletak peralatan/perlengkapan kerja dengan rapi sehingga memudahkan untuk mencari, menemukan, serta mengembalikan.
Aduh, staples saya dimana ya? Aduh obeng yang kemarin saya pakai ketlingsut dimana ya? File excel yang saya bikin minggu lalu saya taruh di folder apa ya?
Berapa kali ungkapan seperti itu sering sekali Anda ucapkan? Pesannya jelas : semua ini terjadi karena kita jarang menata peralatan dan perlengkapan kerja kita dengan rapi. Sebagian ditaruh dengan sembarangan. Folder management juga kacau. Sehingga kadang, butuh waktu lebih dari 10 menit hanya untuk menemukan dimana laporan kita dan “lenyap” entah kemana.
SEISO = Pembersihan (atau Resik). Artinya jelas : yakni kegiatan bersih-bersih tempat kerja, mesin, perlengkapan dan peralatan kerja. Kalau pekerjaan Anda melibatkan banyak peralatan kerja dan mesin, seiso merupakan elemen fundamental.
Suatu saat saya pernah datang ke pabrik klien saya yang penuh dengan turbin dan mesin-mesin. Yang mencengangkan : semua tertata rapi dan lantai pabrik serta semua turbin/mesin itu benar-benar bersih dan kinclong. Saya seperti merasa masuk ke hotel bintang lima, bukan masuk ke ruangan pabrik (yang biasanya penuh dengan oli bekas dan perkakas bekas berserakan dimana-mana)
SEITSUKE = Perawatan (atau Rawat). Atau merupakan kegiatan memelihara fasilitas tempat kerja, serta peralatan kerja secara teratur. Budaya merawat ini yang amat kurang, terutama pada pegawai pemerintahan. Banyak gedung pemerintahan baru dibangun empat bulan, namun sudah kumuh dan WC-nya jorok. Membangun itu mudah, namun merawat dengan penuh ketekunan adalah hal lain.
SHITSUKE : Pendisiplinan (Rajin). Artinya bagaimana empat elemen di atas dilakoni secara istiqomah atau konsisten, dan lantas bisa menjadi sebuah kebiasaan/disiplin kerja yang kokoh. Elemen 4S diatas hanya akan bisa berjalan, jika elemen shitsuke ini dijalani dengan penuh ketekunan.
Perusahaan kita sekarang sudah memiliki proses dan program 5S, its great, silakan diteruskan dengan konsisten. Jika belum, saat ini juga Anda perlu memelopori budaya 5S ini di lingkungan kantor Anda. Hayo siapa yang belum?
Budaya kerja 5S ini powerful dan bersifat menular : artinya begitu 5S atau 5R ini telah menjadi budaya, maka pelan-pelan kinerja beragam bidang di organisasi itu juga ikut menjulang. Banyak perusahaan yang melalui metode 5S ini akhirnya mampu melakukan transformasi kinerja bisnisnya secara dramatis.
Oh dan tentu saja, lingkungan kantor kita menjadi adem, asri dan nyaman untuk dihuni tentunya akan mirip dengan ”Hotel Bintang Lima”.
Artikel dari :Yodhia Antariksa (Konsultan Manajemen

PRODUK OBAT TRADISIONAL BERMUTU

Herbavit Batuk
Orangin Sirup (Masuk Angin)

StopDiar (Diare)

1 komentar:

  1. Memang dengan melaksanakan 5S kegitan kita akan terasa nyaman selama bekerja, namun dalam kegiatan aktualnya banyak sekali hambatan - hambatannya juga.
    Hambatan - hambatan yang sering saya jumpai antara lain sebagai berikut.
    1. Salah persepsi
    -. Merasa diperlakukan seperti anak kecil
    -. 5R hanya untuk dan tanggung jawab bawahan saja
    -. Lingkungan kotor tidak terhindarkan dalam bekerja
    -. 5R tidak meningkatkan out put
    -. Menganggap sepele 5R
    -. 5R dan improvement urusan orang pabrik
    2. Kebiasaan
    -. Merasa sudah menerapkan
    -. Cocok bekerja di lingkungan yang berantakan
    -. Merasa telah menerapkan sejak dulu
    3. Tidak ada waktu
    -. Terlalu sibuk untuk 5R
    -. Tidak butuh 5R
    4. Hubungan antar manusia (Human Relation)
    -. Tidak suka / cocok dengan promotornya
    Terima kasih dan mohon supportnya.
    Mari berusaha untuk menghilangkan hambatan - hambatan seperti tersebut di atas sehingga program ini dapat diimplementasikan secara maksimal.
    Salam,

    BalasHapus

SELAMAT DATANG PEMBACA

Dukungan, kritik, dan saran dari Bapak/Ibu sekalian sangat kami harapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.

Kiranya bulletin “SINERGI” ini dapat menjadi salah satu media komunikasi internal bagi segenap warga PT. Air Mancur untuk menuju Air Mancur yang lebih baik lagi.