Kamis, 02 Agustus 2012

Profil Program Peduli






Profil Program Kepedulian Perusahaan

Mengulik tentang terbitan Bulletin Sinergi Edisi 2 beberapa hari yang lalu yang mengambil tema Cinta Menuntut Kepedulian (CMK) maka disini kami akan menyampaikan profil salah satu karyawan PT. Air Mancur yang sedikit banyak telah melakukan program Kepedulian, selain membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk Air Mancur ke masyarakat, hal tersebut juga bisa menambah tambahan penghasilan bagi keluarganya. Berikut profil karyawan tersebut :
Nama Karyawan                         : Sri Haruni
Tgl. Lahir                                     : 16 Juni 1955
Kerja di PT. Air Mancur              : sejak 1974 (di Bagian Quality Control)
Kalimat promosi andalan: ini mengandung jahe, royal jelly, dan ginseng. Pegel-pegelmu iso ilang (pegal – pegal kamu bisa hilang). Pengalaman berkesan: ditanya “royal jelly itu apa?” Karena Bu Haruni sendiri tidak tahu, maka dijawab dengan: yo iki ngko sikilmu sing pegel-pegel mari” (ya dengan ini nanti kakimu yang pegal – pegal bisa hilang)
Sebagai penjual secara lansung bu Haruni sering dimintai gartisan dulu atau nyicip (nyoba dulu) maka dengan bahasa bisnis ia menjawab bagi para calon pembeli yang meminta gratisan: “masa’ mau ke kamar mandi aja mau bayar Rp. 1000, tapi mau sehat nggak mau bayar. “Daripada makan permen, lebih baik konsumsi produk ini” selain enak juga bermanfaat, tukas beliau.
Berikut kami sampaikan beberapa tips yang digunakan beliau untuk menawarkan produk Air Mancur:
  1. Bawa aja produk AM ke tempat tujuan lalu langsung sampaikan bahwa saya bawa ini lho (menunjukkan produk dan memberitahukan khasiatnya)
  2. Harus beli, ga boleh minta gratis/nyicip. Kalau mau nyicip berarti harus beli dulu.
  3. Harus beli per dus, tidak boleh eceran. Kalau keberatan, 1 dus dibeli beberapa orang sekaligus.
Kesempatan menjual: Arisan PKK, Arisan RT (kebetulan suami Bu Haruni adalah Ketua RT, jadi rumahnya digunakan untuk arisan), pengajian. Konsumen / target: ibu-ibu, baik dikonsumsi sendiri maupun untuk suami dan keluarganya.
Kesempatan / pengalaman lain di luar kegiatan-kegiatan tersebut:
o       Saat lewat pos polisi Palur, ada tetangga yang berprofesi sebagai polisi sedang berada di pos tersebut lalu Bu Haruni mulai menawarkan produk.
o       Saat ke Luwes Palur juga berkesempatan menawarkan produk dan dibeli oleh karyawan Luwes, untuk orang tuanya.
o       Saat merias pengantin di Boyolali, diawali dengan obrolan: umurnya berapa dan lain-lain lalu menawarkan minum produk ini lho, kan pasti kecapekan kalo punya kerja gini.
o       Saat ke salon, promosi berhasil dilakukan dan produk dibeli oleh kapster, untuk orang tuanya.

Produk yang dijual: Madurasa sachet, Orangin RTD, Prolinu RTD, Lulur sachet (LPA dan Lulur Green Tea). Jamu jarang, paling 60AP (Sanggageni), JBL kalo pas ada pesanan. Penjualan Juli ini total Orangin RTD dan Prolinu RTD sudah 1 master box.Kendala: saat puasa tidak laku karena sudah pada kenyang kolak dll.
Its amazing, gimana rekan – rekan sekalian menarik bukan, selain ikut membantu mempromosikan produk perusahaan sebagai wujud dedikasi dan loyalitas, juga menambah penghasilan keluarga. Hal ini kami sampaikan hanya sekedar untuk menginspirasi dan memotivasi rekan – rekan sekalian bahwa tinggal kemauan dan kecintaan terhadap perusahaan ini yang akan dapat membantu mempromosikan produk – produk perusahaan.  Siapa berikutnya menyusul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG PEMBACA

Dukungan, kritik, dan saran dari Bapak/Ibu sekalian sangat kami harapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.

Kiranya bulletin “SINERGI” ini dapat menjadi salah satu media komunikasi internal bagi segenap warga PT. Air Mancur untuk menuju Air Mancur yang lebih baik lagi.