Selasa, 03 April 2012

BULLETIN SINERGI PT AIR MANCUR EDISI 1/2012

Head Line

Saatnya melakukan perubahan

Tahun 2012 merupakan Era Tinggal Landas bagi PT Jamu Air Mancur. Perubahan merupakan hal yang wajar dalam kehidupan ini karena zaman semakin berkembang, teknologi semakin maju, persaingan semakin ketat. Oleh karena itu ’mau tidak mau’ kita dipaksa untuk berubah dan tentu saja berubah ke arah yang lebih baik.
Di dunia industri Jamu Air Mancur dikenal sebagai perusahaan yang cukup mapan, dan cukup lama berkecimpung dalam industri pembuatan obat tradisional. Perusahaan ini telah memiliki berbagai macam produk yang diantaranya merupakan Leader di pasar nasional. Sebut saja Madurasa, merek yang sudah tiga tahun berturut – turut yakni 2009 - 2011 mendapatkan TOP Brand Award, sebagai bukti bahwa produk ini masih merajai dalam industri madu nasional, bahkan disebut – sebut sebagai industri terbesar dalam bidang Minuman Kesehatan khususnya Madu.
Tentunya ketika kita mendengar kabar diatas kita akan merasa bangga dengan apa yang kita capai saat ini. Tidak cukup dengan rasa bangga, kita akan terus bersinergi bersama-sama mengawal perubahan ke arah yang lebih baik bagi perusahaan ini. Banyak lini produk yang saat ini mengalami stagnansi bahkan kemunduran, dengan hal itu kita berupaya untuk melakukan perubahan. Perubahan tidak selalu sesuatu yang besar yang harus kita lakukan. Kita mulai dari hal yang kecil mendukung perusahaan untuk melakukan program-programnya, berusaha memanfaatkan waktu secara maksimal, menggunakan sumber energi secara efisien, terus kreatif, berkerja keras dan tentu saja dibarengi dengan semangat pantang menyerah.
Tujuan dari perubahan – perubahan tersebut tentunya dicapainya Kualitas yang tinggi dalam setiap produknya dengan menjalankan aspek – aspek CPOTB dan CPKB, serta dicapainya tingkat efisiensi yang tinggi sehingga perusahaan ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya memberikan profit bagi Perusahaan dan karyawannya.
Triwulan terakhir ditahun 2011 telah dapat kita lewati dengan baik, dan harapan kita ke depan bahwa perusahaan ini akan semakin tumbuh, berkembang di setiap lini produksinya. Seperti kami sampaikan di atas bahwa tahun 2012 ini adalah era tinggal landas bagi perusahaan yang kita cintai ini, bukan harapan yang muluk – muluk karena kita telah memiliki modal yang kuat yaitu teknologi yang semakin maju dan modal Marketing yang semakin gencar melakukan penetrasi pasar. Oleh karena itu dukungan dari semua pihak termasuk kita sebagai karyawan – karyawati sangat diperlukan. Tetap semangat, tetap focus, Profesionalisme harus kita jaga. Semangat!!!!! TA(Red)

Product Knowledge

MADURASA STICK


Product Knowledge :
Madurasa Stick adalah salah satu produk andalan PT. Jamu Air Mancur untuk divisi Health Drinks (Minuman Kesehatan). Seperti kita ketahui bersama bahwa produk Madurasa sudah 3 tahun ini 2009 – 2011 mendapat penghargaan Top Brand award (Top Brand Award adalah sebuah penghargaan terhadap merek-merek yang tergolong sebagai merek yang top. Kriteria top didasarkan atas survei yang dilaksanakan oleh Frontier Consulting Group sejak tahun 2000.).
Madurasa stick adalah madu yang space konsumennya anak – anak, mempunyai beberapa keunggulan di antaranya adalah mengandung madu alami yang kaya manfaat diantaranya adalah mengandung enzim – enzim hidup yang dapat memaksimalkan fungsi tubuh secara optimal, madu juga merupakan sumber gizi yang lengkap, mengandung beberapa vitamin, mineral, dan zat-zat yang lain yang baik untuk tubuh. Kemudian ada penambahan vitamin C yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga sebagai antioksidan, melancarkan peredaran darah dan menghaluskan kulit.
Madurasa Stick tersedia beberapa varian rasa yaitu Anggur, Stroberi dan Jeruk. Selain itu madurasa stick juga dikemas secara unik dan menarik, kemasan kecil sehingga harga terjangkau bagi anak-anak dan pas dengan uang saku mereka. Saatnya mengganti jajanan anak kita menjadi jajanan yang bermanfaat dan tentu telah teruji secara klinis baik secara farmakologi maupun mikrobiologi aman dan sehat untuk dikonsumsi.
(sumber; Litbang)
Rekan – rekan kerja sekalian mari ikut berparsitipasi dalam pengembangan produk ini, saat ini tersedia 3 varian rasa untuk madurasa stick yaitu Stroberi, Anggur dan jeruk. Kira  – kira rasa apa lagi yang perlu kita buat untuk lebih menambah varian rasa yang saat ini ada? Kirimkan pendapat anda, dapat berupa pesan singkat (SMS) atau email ke Buletin Internal, kami tunggu ya!

Artikel Motivasi dan Inspirasi

Produktivitas Kerja

Di sebuah rumah tinggallah sepasang suami-istri, kehidupan rumahtangga mereka tampaknya sangat tidak nyaman, sang suami merupakan karakter suami yang temperamental. Apa saja kesalahan sang istri akan membuatnya kesal dan marah-marah sehingga sang istri merasa begitu tertekan. Setiap hari begitu banyak tugas yang harus dikerjakan oleh sang istri, bahkan sang suami dengan sengaja menulis daftar pekerjaan yang harus dikerjakan oleh sang istri, mulai dari memasak, mencuci dan lain-lainnya. bulan demi bulan berjalan, begitu lelahnya sang istri yang mengerjakan tugas rumah tangganya dengan berat hati dibawah bayang-bayang kekerasan suaminya. 
Suatu hari tiba-tiba sang suami sakit keras, dan akhirnya meninggal dunia, tinggallah sang istri sendiri.
Tidak beberapa lama sang istri akhirnya mendapatkan suami yang baru. Ia begitu bersyukur mendapatkan suami yang jauh lebih baik dari suami sebelumnya, hari-hari berlalu dengan penuh kebahagian dan tidak beberapa lama kemudian merekapun dikaruniai seorang bayi kecil yang lucu, dan bertambahlah tugas sang istri untuk merawat bayi tersebut. Hingga pada suatu petang saat sang istri sedang membersihkan kamarnya, secara tidak sengaja ia menemukan daftar pekerjaan yang pernah dibuat oleh suaminya terdahulu. Saat dibacanya ternyata apa yang dikerjakannya sekarang justru lebih banyak dari daftar tersebut
bahkan ditambah dengan keharusan untuk merawat anaknya, tetapi justru sekarang dirasakannya bahwa pekerjaannya lebih ringan karena ia bekerja dengan senang hati tanpa terbebani. Bila kita mengerjakan sesuatu terkadang kita merasa terbebani dan akhirnya menjadikan produktivitas kerja kita menurun. Bahwa berat-ringannya pekerjaan tidak ditentukan oleh sedikit atau banyaknya pekerjaan itu tetapi apa motivasi kita dan perasaan kita ketika mengerjakan hal tersebut...
Kesimpulannya adalah kendalikan emosi kita dan carilah motivasi atau alasan yang membuat kita melaksanakan pekerjaan kita dengan lebih nyaman. (TA. Red)


SYUKURI APA YANG ADA
Saat Senang Kita Tidak pernah Bertanya pada Tuhan, Tetapi Saat Susah dan Tertimpa Masalah kita selalu bertanya “ Mengapa Saya?”
Arthur Ashe adalah seorang petenis kulit Hitam dari Amerika, yang berhasil memenangkan 3 gelar juara Grand Slam: US Open (1968), Australia Open (1970) dan Wimbeldon (1975). Pada Tahun 1979 ia terkena serangan Jantung yang mengharuskannya menjalani operasi By Pass. Setelah dua kali operasi bukannya sembuh, ia harus menghadapi kenyataan pahit terinfeksi HIV melalui transufi darah yang  ia terima.
Seorang penggemarnya menulis surat kepadanya “ Mengapa Tuhan memilihmu untuk menderita penyakit itu?” Ashe menjawab “ Didunia ini ada 50 juta anak yang ingin belajar tennis, 500 ribu belajar menjadi pemain tennis professional, 50 ribu datang ke arena untuk bertanding, 5000 mencapai turnamen Grand Slam, 50 orang berhasil sampai ke Wimbeldon, 4 orang masuk ke semifinal, 2 orang berlaga di final. Dan ketika saya mengangkat trofi Wimbeldon saya tidak pernah bertanya kepada Tuhan “ Mengapa saya?” Jadi ketika sekarang saya dalam kesakitan, tidak seharusnya juga saya bertanya kepada Tuhan “ Mengapa harus saya?”
Sadar atau tidak kita sering kali kita merasa hanya pantas menerima hal-hal baik dalam hidup ini : kesuksesan, karier yang mulus, kesehatan. Ketika yang kita terima justru sebaliknya : Penyakit, kesulitan, kegagalan, kita menganggap Tuhan tidak adil. Sehingga kita berhak untuk menggugat Tuhan. Tetapi Arthur Ashe tidak demikian.
Ia berbeda dengan kebanyakan orang. Itulah cerminan hidup beriman. Tetap teguh dalam pengharapan pun bila beban hidup yang menekan berat.
Ketika menerima sesuatu yang buruk, ingatlah saat-saat kita menerima hal-hal yang baik  
Regards,
BKA.

Palu Menghancurkan Kaca, Tetapi Palu Membentuk Baja


Sahabat Sinergi Jika jiwa kita rapuh seperti kaca, maka ketika palu/masalah menghantam, kita akan mudah putus asa, frustasi, kecewa, marah, dan jadi remuk redam. Jika kita adalah kaca, maka kita juga rentan terhadap benturan. Kita mudah tersinggung, kecewa, marah, atau sakit hati  saat kita berhubungan dengan orang lain. Sedikit benturan sudah lebih dari cukup untuk menghancurkan hubungan kita.
Jangan pernah jadi kaca, tapi jadilah baja. Mental baja adalah mental yang selalu positif, bahkan tetap bersyukur di saat masalah dan keadaan yang benar-benar sulit tengah menghimpitnya.
Mengapa demikian? Orang yang seperti ini selalu menganggap bahwa “masalah adalah proses kehidupan untuk membentuknya menjadi lebih baik“. Sepotong besi baja akan menjadi sebuah alat yang lebih berguna setelah lebih dulu diproses dan dibentuk dengan palu. Setiap pukulan memang menyakitkan, namun mental baja selalu menyadari bahwa itu baik untuk dirinya. Jika hari ini kita sedang ditindas oleh masalah hidup, jangan pernah merespons dengan sikap yang keliru! Jika kita adalah “baja”, kita akan selalu melihat palu yang menghantam kita sebagai sahabat yang akan membentuk kita. Sebaliknya jika kita “kaca” maka kita akan selalu melihat palu sebagai musuh yang akan menghancurkan kita.(Red)



Program Perusahaan
CPOTB

Salam sukses rekan kerja sekalian karyawan – karyawati PT. Jamu Air Mancur, pada edisi perdana ini kami akan mengangkat artikel untuk Program Perusahaan yaitu mengenai CPOTB. Kita mengangkat materi ini karena kita melihat perlu bagi rekan – rekan sekalian untuk melakukan penyegaran kembali mengenai hal yang penting dalam kita bekerja. Karena saat ini kita semua tahu bahwa kita bekerja di Perusahaan Jamu atau bahasa kerennya Industri Obat Tradisional maka dari itu kita harus mengikuti Regulasi dari Pemerintah tentang Penerapan CPOTB di perusahaan yang kita cintai dan tentunya butuh bantuan dari rekan – rekan supaya pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik. Obat tradisional merupakan produk yang dibuat dari bahan alam yang jenis dan sifat kandungannya sangat beragam sehingga untuk menjamin mutu obat tradisional diperlukan cara pembuatan yang baik dengan lebih memperhatikan proses produksi dan penanganan bahan baku. Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) meliputi seluruh aspek yang menyangkut pembuatan obat tradisional, yang bertujuan untuk menjamin agar produk yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan mutu yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Mutu produk tergantung dari bahan awal, proses produksi dan pengawasan mutu, bangunan, peralatan dan personalia yang menangani. Penerapan CPOTB merupakan persyaratan kelayakan dasar untuk menerapkan sistem jaminan mutu yang diakui dunia internasional. Untuk itu sistem mutu hendaklah dibangun, dimantapkan dan diterapkan sehingga kebijakan yang ditetapkan dan tujuan yang diinginkan dapat dicapai. Dengan demikian penerapan CPOTB merupakan nilai tambah bagi produk obat tradisional Indonesia agar dapat bersaing dengan produk sejenis dari negara lain baik di pasar dalam negeri maupun internasional. Mengingat pentingnya penerapan CPOTB maka pemerintah secara terus menerus memfasilitasi industri obat tradisional baik skala besar maupun kecil untuk dapat menerapkan CPOTB melalui langkah-langkah dan pentahapan yang terprogram. Dengan adanya perkembangan jenis produk obat bahan alam tidak hanya dalam bentuk Obat Tradisional (Jamu), tetapi juga dalam bentuk Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka, maka Pedoman Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik ini dapat pula diberlakukan bagi industri yang memproduksi Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka. Salah satu hal misal contoh penerapan CPOTB secara teknis adalah karyawan yang berada di Grey Area harus menggunakan Alat Pelindung Diri yang telah ditetapkan. Mungkin hal yang disebutkan diatas merupakan contoh kecil dari penerapan CPOTB dan banyak hal lain lagi yang harus kita pelajari. Selamat memperbaiki diri untuk berusaha secara maksimal melakukan penerapan CPOTB. (TA. Red)

POJOK HALAL 

SISTEM JAMINAN HALAL PT AIR MANCUR
Setelah audit SJH tanggal 14-15 Desember 2011 yang lalu, akhirnya kita bisa mengetahui nilai Sistem Jaminan Halal di perusahaan kita (dikeluarkan di Jakarta tanggal 14 Maret 2012 dan berlaku hingga 16 Februari 2013).  Hasilnya memang belum maksimal, tetapi jangan membuat kita patah arang, justru harus menjadi cambuk agar pada audit tahun 2013 mendatang nilai SJH kita naik menjadi A.  Bukan suatu hal yang tidak mungkin, tapi memang membutuhkan komitmen dan kerja keras kita bersama.
 Sebenarnya apakah SJH itu ?  SJH adalah suatu jaringan kerja yang dimulai dari komitmen manajemen puncak dan prosedur-prosedur yang disusun saling berhubungan, diterapkan dan dipelihara untuk menghasilkan produk halal, menghindari kontaminasi terhadap produk halal dan menjamin tidak adanya penyimpangan pada proses pengembangan produk atau reformulasi atau maklon.
 Apa pentingnya SJH bagi kita ? Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar konsumen PT Air Mancur adalah kaum muslimin.  Sehingga penting sekali untuk memberikan jaminan kehalalan produk kita, agar mereka tetap menjadi konsumen yang memiliki loyalitas tinggi terhadap produk-produk PT Air Mancur.   SJH juga bisa menjadi pedoman perusahaan dalam mempertahankan Sertifikat Halal MUI yang telah kita miliki.
 Sudahkah SJH menjadi komitmen bagi manajemen puncak PT Air Mancur.  Alhamdulillah, jawabnya adalah YA.  Hal ini terlihat dalam misi perusahaan kita yang nomor satu yaitu : memproduksi dan memasyarakatkan obat alami, minuman kesehatan, kosmetika dan supplemen berbahan baku alami yang inovatif, halal, memberi nilai tambah tinggi dan menyehatkan masyarakat.
   Apakah kebijakan halal manajemen PT Air Mancur sudah mendukung pencapaian misi tersebut ? Tentu saja, yaitu : Penerapan SJH di setiap kegiatan operasinya, sumber daya manusia yang beriman, terlatih dan profesional, penyediaan kerangka kerja untuk menetapkan dan mengukur sasaran.
 Salah satu upaya agar SJH berjalan dengan efektif adalah dengan menunjuk wakil manajemen (Koordinator AHI) yang mempunyai kewenangan untuk menyusun, mengelola, mengevaluasi dan mengkoordinasikan agar SJH berjalan dengan efektif.  Tahukah anda siapa Tim AHI PT Air Mancur ?  Koordinator saat ini dijabat oleh Bapak Reddalius, dengan anggota Ibu Endah Tri Sulangi, Ibu Djuhana Wati dan Bapak Saleh Ismadi.  Jadi jangan heran ya bila sewaktu-waktu mereka akan menyambangi anda
Salah satu tugas Tim AHI adalah melakukan audit internal sekurang-kurangnya setiap 6 bulan sebagai bentuk evaluasi internal atas penerapan SJH, yang hasilnya disampaikan kepada LPPOM MUI dalam bentuk laporan berkala.  Jika pada saat audit halal internal ditemukan ketidak sesuaian maka harus sesegera mungkin dilakukan tindakan perbaikan, terutama jika berdampak langsung terhadap status kehalalan produk.  Semua bentuk tindakan perbaikan dibuatkan berita acara serta laporannya dan terdokumentasi. Tindakan pencegahan dirancang agar mampu mencegah terjadinya ketidak sesuaian yang berulang.
    Nah sekarang, mari kita evaluasi bersama penerapan SJH yang sudah dilaksanakan PT Air Mancur.  Berdasarkan rekomendasi LPPOM MUI perihal Hasil audit implementasi SJH, ternyata masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki oleh semua bagian, baik itu oleh HRD, R&D, purchasing, PSO, QC, produksi, tim AHI maupun manajemen sendiri.  Ini adalah PR kita bersama. Mari bahu membahu untuk implementasi SJH PT Air Mancur yang lebih baik lagi. Insya Allah, kita bisa.

Oleh : Djuhana Wati (Anggota tim AHI PT Air Mancur)

 



BULLETIN INTERNALSINERGI PERUSAHAAN PT. JAMU AIR MANCUR
Alamat : Jl. Raya Solo—Sragen KM 07, Karanganyar, Jawa Tengah.
Email : bulletin _airmancur@airmancur.co.id, sms : 081329646166
alamat blog : www.bulletinsinergiptairmancur.blogspot.com
Penangggung jawab ;Bp. Sindoro Hindro Tanojo, Penasihat ; Bp. Adam Satria Bhakti, Bp. Budijanto Kartiko, Redaktur Pelaksana ; Tri Ari., Bendahara ; Jessicafina Susanti, Kontributor; Hafid, Bambang A. P., Sri Sugiyatno.





1 komentar:

SELAMAT DATANG PEMBACA

Dukungan, kritik, dan saran dari Bapak/Ibu sekalian sangat kami harapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.

Kiranya bulletin “SINERGI” ini dapat menjadi salah satu media komunikasi internal bagi segenap warga PT. Air Mancur untuk menuju Air Mancur yang lebih baik lagi.