Jumat, 27 April 2012

AUDIT PENILAIAN PANGAN CPMB BBPOM SEMARANG


             Pada Tanggal 17 April 2012 PT. Jamu Air Mancur menerima kunjungan Auditor Penilaian Pangan dari BBPOM Semarang. Audit ini sebagai tindak lanjut atas pendaftaran produk pangan yang diajukan oleh PT Jamu Air Mancur. Beberapa Produk Air Mancur memang masuk dalam Kategori Pangan Seperti Madurasa Jeruk, Madurasa Green Tea, Madurasa Lemon Tea dan yang lain . 
Dalam audit penilaian pangan ada 17 Aspek yang perlu mendapatkan perhatian, diantara ke 17 aspek itu adalah  :
1. Manajemen 
2. Lingkungan Sarana Pengolahan dan Pengendaliannya.
3. Hama Lingkungan
4. Kondisi Umum Sarana Pengolahan
5. Ruang Pengolahan
6. Kelengkapan Sarana Pengolahan
7. Penanganan Limbah
8. Sanitasi Sarana Pengolahan
9. Hama Di dalam Sarana Pengolahan
10. Peralatan
11. Suplai Air
12. Higiene Karyawan
13. Gudang Bersuhu Kamar
14. Gudang Berpendingin
15. Gudang Bahan Kemasan
16. Tindakan Pengendalian 
17. Pengemasan dan Pelabelan.
Diantara ke 17 aspek di atas ada 5 aspek penting yang diangap lebih penting daripada 12 aspek yang lain yaitu :
1. Ruang Pengolahan
2. Hama di Dalam Sarana Pengolahan
3. Peralatan
4. Suplai Air 
5. Higiene Karyawan
Acara Audit tersebut Berlangsung di dua tempat yaitu Lokasi PT. Jamu Air Mancur Unit Wonogiri yang Produksinya berupa Madurasa dan di PT. Jamu Air Mancur Palur yang memproduksi untuk jenis pangan Madurasa Green Tea dan Madurasa Lemon Tea. Ada beberapa hasil temuan yang disampaikan ke pihak kita PT. Jamu Air Mancur, dari beberapa temuan tersebut dapat dilihat nanti di BAP. Pada prinsipnya Perusahaan ini telah cukup baik melaksanakan CPMB, hal itulah yang disampaikan oleh pihak pemeriksa dari BBPOM Semarang. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 20.30 WIB, acara ditutup di Ruang Meeting B PT. Jamu Air Mancur Jl. Raya Solo - Sragen KM 07(Palur) Karanganyar.



Foto Kegiatan. 
 Opening Meeting Audit Penilaian Pangan
 Diskusi Sebelum Memulai Audit di Lapangan
 Kegiatan Audit Penilaian Pangan
 Closing Meeting sampai jam 20.30. semangat
         



Marilah kita sebagai karyawan - karyawati PT. Jamu Air Mancur melaksanakan dengan sungguh apa yang telah menjadi regulasi diperusahaan ini sehingga dapat mengahasilkan produk yang bermanfaat serta berkualitas.
Di sini kami Lampirkan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) Audit Penilaian Pangan :




BERITA ACARA
PEMERIKSAAN SETEMPAT

Pada hari ini, hari Selasa tanggal Tujuh belas bulan April tahun Dua ribu dua belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini :

1.      Nama                         : Mustofa, SF, Apt
NIP                            : 197901172003121001
Pangkat                      : Penata
Jabatan                      : Staf Pemeriksaan BBPOM di Semarang

2.      Nama                         : Nur Rahmawati, SSi, Apt
NIP                           : 197911102006042003
Pangkat                     : Penata
Jabatan                      : Staf Penyidikan BBPOM di Semarang

Berdasarkan Surat Tugas Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Semarang Nomor IN.01.01.95.4.04.12.1505 tanggal 16 April 2012
Telah melakukan Pemeriksaan Setempat terhadap :

            Nama                         : PT. Air Mancur Plant Wonogiri

            Alamat                       : Jl. Raden Mas Said,  Kaliancar, Selogiri

            Kabupaten                 : Wonogiri

Dalam rangka          : Registrasi sarana Produksi pangan
           
Dengan hasil sebagai berikut :



1.     PT. Air Mancur Plant Wonogiri memproduksi produk jenis pangan dan obat tradisional.  Produk pangan yang diproduksi jenis cairan (madu) sedangkan obat tradisional yang diproduksi yaitu cairan obat dalam dan cairan obat luar.
2.     PT. Air Mancur Plant Wonogiri mempunyai ijin edar untuk produk madu sebanyak 19 (sembilan belas) macam,  sedangkan yang aktif diproduksi sebanyak 12 (dua belas) macam.
3.     Denah bangunan dan ruangan yang digunakan untuk produksi Pangan (madu) menggunakan denah bangunan dan ruangan yang diajukan untuk produksi obat tradisional yang ditandatangani oleh Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Obat tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen sesuai Lampiran Surat No. ST.04.03.433.10.11.3143 tanggal 19 Oktober 2011.
4.     Kegiatan produksi untuk produk Pangan (Madu) secara umum terpisah baik bangunan maupun fasilitas peralatan dengan kegitan produksi obat tradisional kecuali untuk produk Madu Premium plus Royal Jelly dan Bee Pollen dengan Nomor persetujuan pendaftaran POM TR. 082 698 021.
5.     Belum sepenuhnya melaksanakan Cara Produksi Makanan yang Baik, yaitu :
-     Tempat sampah di area lingkungan pabrik tidak bertutup.
-     Terdapat penyimpanan madu yang telah diformulasi untuk proses selanjutnya disimpan diruang formulasi. Area tersebut diberi pembatas dengan line kuning tetapi dalam SOP tidak disebutkan.
-     Terdapat penggunaan ember plastik tanpa spesifikasi untuk menampung air panas yang digunakan untuk proses pelarutan asam sitrat.
-     Secara umum kebersihan kurang masih ditemukan sarang laba pada dinding ruangan, contoh R. Timbang, koridor, ruang formulasi
-     Secara umum Check list untuk pembersihan ruangan ada tetapi pelaksanaannya tidak konsisten dan belum mencakup frekwensi pembersihan dari masing-masing bagian yang dibersihkan.
-     Pada toilet/ urinoir karyawan belum dilengkapi dengan fasilitas/ bahan untuk pencucian seperti sabun cair dan pengering serta tidak ada peringatan pencucian tangan setelah menggunakan toilet.
-     Terdapat air di koridor yang berasal dari ruangan penirisan peralatan yang telah dibersihkan (merembes).
-     Terdapat lantai keramik yang berlobang dan ditambal dengan semen dan jika lobang tersebut terbuka lagi ditambal dengan semen kembali dan hasil penutupan dengan semen tersebut juga tidak halus dan rata, contoh ruang mixing.
-     Terdapat bahan baku digudang AC langsung diletakkan dilantai.
-     Pada gudang  produk jadi terdapat untuk penyimpanan bahan kemas sekunder (karton dan inner dus) tetapi penempatannya langsung dilantai (dilapisi kardus) .
-     Terdapat label release dengan tiga macam bentuk (belum ditentukan yang sesuai dengan SOP).
-     Sanitasi peralatan dilaksanakan sesuai IK.05.03-SH/047 IK Sanitasi mesin Filling Madurasa botol. Dalam pelaksanaan dilakukan pemeriksaan cemaran mikroba peralatan produksi dengan cara apus tetapi belum tercantum dalam Instruksi Kerja.
-     Gudang kemas :
§    Terdapat rol plastik sachet tanpa pembungkus.
§    Terdapat penempatan rol plastik (kemas primer) langsung pada lantai.
§    Terdapat lubang pada dinding ruangan yang memungkinkan  kontaminan dari lingkungan luar.
§    Penempatan terlalu mepet dengan dinding ruangan sehingga menyulitkan pembersihan.

Demikian Berita Acara ini kami buat dengan sesungguhnya dan penuh tanggung jawab, Setelah disetujui kemudian ditutup dengan ditandatangani masing-masing petugas yang memeriksa.

Yang diperiksa,                                                                     Petugas,       
1. Budijanto Kartiko
  Plant Manager Man Min & Extrak

2. Reddalius
Manager R&D

3. Endah Tri Sulangi
Plant Manager Jamu

4. Hendrik Goutama
Manager Dept PSO
1.      Mustofa, SF, Apt
NIP. 197901172003121001

2.      Nur Rahmawati, SSi, Apt
NIP. 197911102006042003

Dari hasil BAP di atas sudah dibuat juga CAPAnya untuk melengkapi hasil Audit Penilaian Pangan, berikut kami sampaikan hasil CAPAnya :

LAPORAN PERBAIKAN DAN TINDAK LANJUT TERHADAP TEMUAN PEMERIKSAAN SETEMPAT
PT. AIR MANCUR OLEH BALAI BESAR POM SEMARANG
UNIT WONOGIRI TGL 17 APRIL 2012

No.
Temuan
Perbaikan & Tindak Lanjut
Data Pendukung
Tgl. Pelaksanaan
Keterangan


1.        
Tempat sampah di area lingkungan pabrik tidak bertutup.
Tempat sampah baik di area pengolahan maupun di lingkungan pabrik diberi tutup
Gambar terlampir
23 Apr 2012

2.        
Terdapat penyimpanan madu yang telah diformulasi untuk proses selanjutnya disimpan diruang formulasi. Area tersebut diberi pembatas dengan line kuning tetapi dalam SOP tidak disebutkan.
Di buat dokumen penyimpanan madu setelah diformulasi
Dokumen  terlampir
20 Apr 2012

3.        
Terdapat penggunaan ember plastik tanpa spesifikasi untuk menampung air panas yang digunakan untuk proses pelarutan asam sitrat.
Tempat penampung air panas diganti dari bahan stainless steel
Gambar terlampir
19 Apr 2012

4.        
Secara umum kebersihan kurang masih ditemukan sarang laba pada dinding ruangan, contoh R. Timbang, koridor, ruang formulasi
Meningkatkan kebersihan ruang
Gambar terlampir
19 Apr 2012

5.        
Secara umum Check list untuk pembersihan ruangan ada tetapi pelaksanaannya tidak konsisten dan belum mencakup frekwensi pembersihan dari masing-masing bagian yang dibersihkan.
Meningkatkan konsistensi dalam hal pelaksanaan pembersihan ruangan dan frekuensinya
Gambar terlampir
19 Apr 2012

6.        
Pada toilet/ urinary karyawan belum dilengkapi dengan fasilitas/ bahan untuk pencucian seperti sabun cair dan pengering serta tidak ada peringatan pencucian tangan setelah menggunakan toilet.
Pada wastafel di toilet telah dilengkapi sabun dan peringatan mencuci tangan setelah menggunakan toilet
Gambar terlampir
20 Apr 2012

7.        
Terdapat air di koridor yang berasal dari ruangan penirisan peralatan yang telah dibersihkan (merembes).
Sekat telah dirapatkan sehingga air tidak lagi merembes
Gambar terlampir
20 Apr 2012

8.        
Terdapat lantai keramik yang berlobang dan ditambal dengan semen dan jika lobang tersebut terbuka lagi ditambal dengan semen kembali dan hasil penutupan dengan semen tersebut juga tidak halus dan rata, contoh ruang mixing.
Lantai telah diperbaiki sehingga menjadi lebih halus dan rata
Gambar terlampir
23 Apr 2012

9.        
Terdapat bahan baku digudang AC langsung diletakkan dilantai.
Bahan yang diletakkan di lantai telah dinaikkan ke atas rak
Gambar terlampir
19 Apr 2012

10.    
Pada gudang  produk jadi terdapat untuk penyimpanan bahan kemas sekunder (karton dan inner dus) tetapi penempatannya langsung dilantai (dilapisi kardus) .
Bahan kemas sekunder penempatanya sudah di atas pallet
Gambar terlampir
19 Apr 2012

11.    
Terdapat label release dengan tiga macam bentuk (belum ditentukan yang sesuai dengan SOP).
Label release telah diseragamkan
Dokumen terlampir
18 Apr 2012

12.    
Sanitasi peralatan dilaksanakan sesuai IK.05.03-SH/047 IK Sanitasi mesin Filling Madurasa botol. Dalam pelaksanaan dilakukan pemeriksaan cemaran mikroba peralatan produksi dengan cara apus tetapi belum tercantum dalam Instruksi Kerja.
Prosedur Tetap Sanitasi Filling Madurasa Botol telah di revisi
Dokumen terlampir
23 Apr 2012

13.    
Gudang kemas :





a.       Terdapat rol plastik sachet tanpa pembungkus.
Roll plastic sachet telah diberi pembungkus (kantong plastic)
Gambar terlampir
19 Apr 2012


b.       Terdapat penempatan rol plastik (kemas primer) langsung pada lantai.
Rol plastic (kemas primer) telah diletakkan di atas pallet
Gambar terlampir
19 Apr 2012


c.       Terdapat lubang pada dinding ruangan yang memungkinkan  kontaminan dari lingkungan luar.
Lubang pada dinding telah ditutup
Gambar terlampir
23 Apr 2012


  1. Penempatan terlalu mepet dengan dinding ruangan sehingga menyulitkan pembersihan.
Bahan kemasan yang berada digudang letaknya telah digeser sehingga tidak merapat ke dinding
Gambar terlampir
19 Apr 2012







No.
Temuan
Perbaikan & Tindak Lanjut








































































































































































































































































































































































1 komentar:

  1. Mari Rekan - Rekan sekalian kasih komentar kritik dan saran demi perkembangan Blog ini sebagai media komunikasi karyawan - karyawati PT. Jamu Air Mancur.

    BalasHapus

SELAMAT DATANG PEMBACA

Dukungan, kritik, dan saran dari Bapak/Ibu sekalian sangat kami harapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.

Kiranya bulletin “SINERGI” ini dapat menjadi salah satu media komunikasi internal bagi segenap warga PT. Air Mancur untuk menuju Air Mancur yang lebih baik lagi.